Sunday, May 20, 2012

Siswa SMP Jakarta Buat Laptop

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tak menyangka pelajar sekolah menengah pertama mampu merakit peralatan canggih seperti laptop atau komputer jinjing. Ia pun kagum kepada siswa SMP 115 Jakarta yang memamerkan karya mereka dalam Science Expo.


"Sungguh saya kagum dan bangga melihat karya-karya yang dipamerkan, termasuk laptop yang dirakit pelajar SMP 115," kata Foke sapaan akrab Gubernur Fauzi Bowo saat membuka Science Education Expo di SMP 115 Jakarta, Senin (14/5).

Foke menambahkan kegiatan ini menjadi jendela kemajuan kualitas pendidikan di Jakarta. "Tidak hanya data statistik saja yang menunjukkan kemajuan pendidikan, tapi karya-karya yang ditampilkan juga. Science Expo adalah jendelanya," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Foke juga mengingatkan, kemajuan yang dicapai juga memberi tuntutan yang lebih berat, terutama bagi mereka yang terlibat secara aktif dalam dunia pendidikan. Menurutnya, karya yang digelar para pelajar menunjukkan betapa besar potensi yang mereka miliki. Tanpa kemampuan pengelolaan yang lebih baik ke depan, potensi mereka dikhawatirkan tidak berkembang bahkan bisa hilang.

"Kreativitas dan kualitas yang ditampilkan ini menuntut saluran yang lebih baik lagi di masa datang agar prestasi pelajar ini tidak jalan di tempat. Ini tentunya menuntut guru-guru yang lebih kualitas dengan sarana yang lebih lengkap dan lebih modern. Inilah tantangan kita ke depan, dan itu tidaklah ringan," tandasnya.

Science Expo berlangsung selama dua hari 14-15 Mei, kegiatan ini diikuti pelajar rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) tingkat SMP, SMA dan SMK se Jakarta. Mereka menampilkan berbagai hasil karyanya di bidang matematika, fisika, biologi, information technologi (IT), termasuk pentas seni dan budaya.

Science Expo terselenggara atas inisiatif Smabel’s Community dari SMP 115 Jakarta Selatan. Selain menyalurkan bakat dan talenta, kegiatan ini diharapkan memunculkan bibit berbakat atau berpotensi di bidang science di antara pelajar-pelajar Jakarta.

No comments:

Post a Comment